METODE PEMBELAJARAN

Metode dalam Pembelajaran

Oleh: Ilhamnorrahman, S.Pd.I.

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh pengajar dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengajar atau guru harus dapat memilih metode yang tepat yang disesuaikan dengan materi pelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode pembelajaran mungkin dapat dikatakan tepat untuk suatu pelajaran tetapi belum tentu tepat untuk pelajaran yang lainnya, untuk itu guru haruslah pandai dalam memilih dan menggunakan metode-metode pembelajaran mana yang akan digunakan dan disesuaikan dengan materi yang akan diberikan dan karakteristik siswa. Dalam hal ini Seotonomo menyatakan:
Metode yang tepat untuk salah satu tujuan pengajaran (pembelajaran) atau bahan pengajaran belum tentu untuk tujuan dan bahan pengajaran (pembelajaran) yang berbeda. Sehingga pemilihan metode mengajar merupakan spesifik pada interaksi belajar mengajar tertentu.

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, guru bahasa Indonesia harus dapat mengombinasikan bermacam metode dalam menyampaikan materi pembelajaran. Abdul Haris Ishaq. S. S, dalam hal ini menyatakan bahwa, “metode pengajaran bahasa Indonesia tidak dapat menggunakan satu metode karena bahasa Indonesia sendiri yang bersifat dinamis. Bahasa sendiri bukan sebagai ilmu tetapi sebagai keterampilan sehingga penggunaan metode yang tepat perlu dilakukan.”
Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran turut mempengaruhi cara siswa belajar. Dengan kata lain bahwa cara siswa belajar tergantung metode yang diterapkan guru dalam pembelajaran. Untuk itu harus dipilih metode aplikatif dan menarik. .Dalam hal ini Abdul Haris Ishaq. S.S., mengemukakan bahwa:
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah sangat mengandalkan penggunaan metode-metode yang aplikatif dan menarik. Pembelajaran yang menarik akan memikat anak-anak untuk terus dan betah mempelajari Bahasa Indonesia sebagai bahasa ke-2 setelah bahasa ibu.

Beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indoensia, di antaranya adalah sebagai berikut:
1) Metode ceramah
Metode ceramah yaitu suatu “cara mengajar yang digunakan untuk menyampaikan keterangan atau informasi atau uraian tentang suatu pokok persoalan serta masalah secara lisan.” Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.
2) Metode diskusi
Metode diskusi adalah “cara penyajian pelajaran, dimana siswa-siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama.” Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama (socialized recitation).
3) Metode tanya jawab
Metode tanya jawab adalah “cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.”
4) Metode latihan
Metode latihan yang disebut juga metode training. Merupakan suatu cara yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Juga sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Selain itu, metode ini dapat juga digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan dan keterampilan.

5) Metode pemberian tugas
Metode pemberian tugas adalah “penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar.”
6) Metode demonstrasi
Metode demonstrasi adalah “metode mengajar dimana guru atau orang lain yang sengaja diminta atau siswa sendiri memperlihatkan kepada seluruh kelas suatu proses.”
7) Metode sosiodrama
Metode sosiodrama adalah “metode mengajar dengan mendemonstrasikan cara bertingkah laku dalam kehidupan sosial.”
8) Metode karyawisata
Metode karyawisata adalah “cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari/menyelidiki sesuatu.

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: